Selasa, 13 Maret 2018

Info Jadwal, Tata Cara Pendaftaran dan Perysaratan Penerimaan CPNS 2018

Infobumncpns.com -  Info Jadwal, Tata Cara Pendaftaran dan Perysaratan Penerimaan CPNS 2018. Nasional – Untuk Kalian Para calon pelamar CPNS 2018 ini merupakan kabar gembira karena sebentar lagi Pemerintah resmi mengumumkan Tanggal Pendaftaran CPNS 2018 bersamaan dengan Pengumuman Lowongan Formasi Lengkap yang berjumlah 100 ribu formasi lebih, simak info selengkapnya berikut ini.

INFO CPNS 2018

Pengumuman Tanggal Pendaftaran CPNS 2018

Akhir – akhir ini banyak orang yang sedang menunggu pengumuman jadwal pendaftaran CPNS dan lowongan formasi terbaru 2018 – 2019. Banyak calon pendaftar CPNS yang terdiri dari para pendaftar CPNS yang gagal di tahun sebelumnya maupun lulusan baru yang ingin ikut serta pada penerimaan CPNS 2018 – 2019. Banyaknya PNS yang dibutuhkan dalam seleksi penerimaan CPNS 2018 – 2019 dikarenakan untuk menggantikan PNS yang telah berakhir masa kerjanya di tahun 2018 ini. Jadi kapan tanggal pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 tersebut?

Hingga kini tepatnya di bulan Maret 2018, belum ada kabar resmi mengenai kapan tanggal bukaan CPNS 2018, hanya saja diketahui bahwa pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018 tersebut akan segera berlangsung dalam waktu dekat.

Info Menpan terbaru : Pendaftaran CPNS 2018 Usai Pilkada

‎”Sekarang sedang masuk semua permintaannya, tetapi kita kan sedang menghitung kebutuhan riil, apakah benar yang diajukan sesuai dengan beban kerja, sesuai dengan target yang mau dihasilkan apa. Jadi SDM seperti apa yang dibutuhkan. Ini sedang kita sisir masing-masing K/L, Setelah Pilkada. Tapi yang jelas formasinya sedang kita proses.” ujar Menpan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018). Selengkapnya cek Jadwal CPNS 2018 Resmi.

Pendaftaran diperkirakan paling telat Maret-April ini.

Meskipun tanggalnya belum diketahui, maka menurut informasi yang beredar bahwa pelaksanaan pendaftaran CPNS akan berlangsung di bulan Maret hingga April tahun ini. Berdasarkan keterangan terbarunya dari Kementrian PAN-RB, Asman Abnur, bahwa penerimaan CPNS 2018 masih dalam proses validasi data usulan formasi dari setiap daerah.

Pembukaan CPNS akan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2018.

Pendaftaran diperuntukkan untuk Sejumlah Pemprov dan pemkot kemudian cukup banyak di lowongan CPNS pemkab. Selanjutnya untuk pelaksanaan tes CPNS 2018 akan digelar serentak pada Juli 2018.

“Semua hasil tes dan peserta yang berhak mekanjutkan ke tahapan tes berikutnya akan disampaikan secara terbuka.” “Daftarnya akan dipajang setelah mengerjakan di ruang tes,” terang Siswo. Cek juga Daftar CPNS Daerah 2018 Khusus Pemkot

Berdasarkan laman situs Sekretariat Kabinet RI, Direktorat Pengadaan dan Kepangkatan BKN tertanggal 12 Januari lalu setidaknya ada 6 kementerian atau lembaga dan satu pemerintah daerah yang hingga kini belum mengajukan usul penetapan formasi CPNS 2018.

Adapun instansi yang dimaksud adalah (1). Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), (2). Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), (3). Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), (4). Badan Keamanan Laut (Bakamla), (5). Kementerian Pertahanan (Kemenhan), dan (6). Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi. Lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Usulan ini masih akan diterima terakhir pada penghujung bulan Februari 2018.

Jumlah Formasi CPNS 2018 yang akan diterima

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tahun 2017 telah mengumumkan mengenai seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerah akan dibuka secara nasional pada tahun 2018. Setidaknya akan ada 220.000 posisi yang pensiun di tahun 2017. Sebanyak 38.000 berasal dari pemerintah pusat, dan sisanya dari pemerintah daerah.

Hal – hal yang perlu Anda ketahui mengenai Pendaftaran CPNS 2018

Tujuan seleksi penerimaan CPNS 2018

Pemerintah kembali membuka seleksi penerimaan CPNS 2018 – 2019 dilakukan untuk memprioritaskan pembangunan daerah, seperti:
  • Dari 220 PNS yang pensiun, periode seleksi penerimaan CPNS 2018 kali ini akan dilakukan sekitar 50 – 60 % dari jumlah tersebut dan sesuai dengan usulan gubernur atau bupati setempat.
  • Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS kali ini akan dilakukan di pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten atau kota.
  • Masing – masing pemerintahan memiliki kewenangan dan kebajikan, serta tidak melenceng dari peraturan yang sudah ditetapkan.
  • Untuk daerah tertentu, posisi cpns yang kosong akan diisi dengan orang yang mendaftar CPNS 2018 yang memiliki keterampilan khusus pada suatu bidang tertentu.

Sekitar 110 posisi CPNS akan dibuka

Perkiraan 220.000 PNS yang akan pensiun di tahun 2017, pemerintah membuka lagi seleksi pendaftaran CPNS. Seleksi penerimaan CPNS ini tidak 100 % dari jumlah PNS yang pensiun, tetapi hanya sekitar 50 – 60% dari total PNS yang pensiun yaitu sekitar 110.000 orang saja. Jadi Anda perlu berusaha keras untuk menjadi bagian dari 110.000 orang dan terpilih menjadi PNS di seluruh Indonesia.

Dibuka untuk posisi PNS yang belum terisi

Selain dikarenakan banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017, pembukaan seleksi penerimaan CPNS 2018 ini juga dikarenakan banyaknya posisi kosong yang masih belum terisi. Contohnya saja pada sector BNN. Pada bagian tersebut masih kekurangan pegawai yang bisa menjadi pelatih anjing pelacak narkoba.

Pembukaan penerimaan CPNS direncanakan pada awal tahun 2018

Banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017, pembukaan seleksi penerimaan CPNS perlu dilakukan secepat mungkin, yaitu pada awal tahun 2018. Hal ini dilakukan agar terhindar dari beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan tidak terbengkalai dan tidak tertunda karena kurangnya tenaga kerja yang seharusnya mengerjakan pekerjaan tersebut telah pensiun dari pekerjaannya.

Persiapan proses pendaftaran CPNS 2018

Persiapan proses pendaftaran CPNS merupakan persiapan yang wajib dilakukan dan dilalui setiap seleksi penerimaan CPNS. Berikut persiapan yang dipersiapan baik dari sisi panitia maupun sisi peserta.

1. Sisi panitia

Panitia telah menganilisis jabatan kebutuhan daerah dari formasi yang telah diusulkan dari masing – masing pemerintah daerah. Setelah dianalisis hasilnya akan dijadikan pengumuman formasi.

2. Sisi peserta

Membludaknya pendaftar CPNS periode sebelumnya dengan 1.2 juta pelamar memperebutkan 35.000 peluang, itu menjadi informasi untuk Anda agar mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin untuk mendaftar di seleksi penerimaan CPNS 2018 dan terpilih menjadi PNS.

Pengumuman formasi pendaftaran CPNS 2018

Hingga saat ini belum ada kabar mengenai kapan jadwal seleksi CPNS 2018 dimulai. Keputusan akhir yang dipegang oleh Menpan mengatakan bahwa pengumuman itu akan diumumkan sekitar 2 bulan kedepan, yang artinya jika tidak di bulan Februari, berarti di bulan Maret 2018.

Pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018

Proses pendaftaran CPNS biasanya hanya dibuka dengan rentang waktu yang tidak begitu lama, yaitu sekitar 10 hari hingga 2 mingguan. Hal tersebut menjadi alasan Anda sebagai calon pendaftar untuk selalu update dan jangan sampai ketinggalan informasi mengenai jadwal pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018.

Banyaknya persyaratan yang harus disiapkan seperti SKCK dari kepolisian, Kartu Kuning atau Kartu Tanda Lamaran Pekerjaan dari Kemnaker, akan membutuhkan waktu lama jika diproses pada saat pelaksanaan jadwal pendaftaran CPNS.

Cara pendaftaran CPNS 2018 secara online

Jika jadwal seleksi penerimaan CPNS 2018 dimulai, inilah saatnya untuk Anda melakukan pendaftaran CPNS 2018 secara online. Berikut cara pendaftarannya.
  1. Membuka web dengan alamat www.sscn.bkn.go.id
  2. Mengakses bagian Formulir Pendaftaran CPNS 2018
  3. Mengisi formulir registrasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan
  4. Print out hasil pendaftaran.
  5. Menggabungkan hasil print out hasil pendaftaran online dengan berkas – berkas persyaratan CPNS 2018 lainnya kemudian mengirim berkas tersebut ke BKD atau BKPP daerah tempat dilaksanakannya seleksi tes CPNS 2018 via kantor pos.

Pengumuman kelulusan seleksi CPNS 2018

Proses pengumuman kelulusan seleksi CPNS 2018 cukup panjang dan bisa diakses secara offline dan online. Untuk online pengumuman kelulusan akan diumumkan di situs resmi CPNS, sedangkan untuk offline, diumumkan di instansi resmi pegawai daerah.

Alasan perlu menjadi PNS

Berikut beberapa alasan mengapa perlu menjadi pegawai negeri sipil.

1. Tidak perlu khawatir di PHK
Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda tidak perlu khawatir akan diberhentikan dari pekerjaan dikarenakan suatu hal, seperti dikarenakan kondisi perekonomian maupun instansi tempat Anda bekerja. Anda hanya perlu fokus pada bidang pekerjaan yang Anda geluti agar hasil pekerjaan yang Anda kerjakan menjadi lebih baik dan bagus.

2. Banyak tunjangan, selain gaji pokok

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda akan mendapatkan banyak tunjungan selain gaji pokok anda. Contohnya seperti tunjangan keluarga, tunjangan makan, dan tunjangan kinerja.

3. Memiliki waktu berwirausaha

Jika Anda sudah diterima menjadi pegawai negeri sipil, Anda juga bisa menjadi wirausahawan. Dikarenakan menjadi seoran PNS memiliki jam kerja, Anda dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk merintis suatu usaha baru untuk dijadikan pekerjaan sampingan.

4. Ikut turun tangan membantu pemerintahan

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda dapat langsung turun tangan membantu pemerintahan dengan menjadi salah satu bagian dari suatu lembaga atau kementerian terkait.

5. Bertemu orang penting di Indonesia

Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu orang – orang penting di Indonesia.terutama jika Anda menjadi pns di bagian lembaga atau kementerian yang terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh wakil rakyat.

Ketentuan dan persyaratan pendaftaran CPNS 2018
Berikut merupakan ketentuan umum, persyaratan umum, dan persyaratan khusus untuk mendaftar CPNS 2018.

Ketentuan umum:
  • Terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia
  • Pelamar bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi dilokasi yang ditentukan dan menggunakan biaya sendiri.

Persyaratan umum:
  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara.
  5. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat / tidak atas permintaan sendiri
  6. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri
  7. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  8. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/ONS/Calon Anggota TNI/Polri
  9. Tidak berkedudukan sebagai Anggota TNI/Polri
  10. Tidak sedang terikat dengan perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
  11. Tidak menjadi pengurus dan atau anggota parpol

Persyaratan khusus
  1. Memiliki ijazah Diploma, Sarjana, dan Magister
  2. Lulusan perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang terakreditasi oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) atau perguruan tinggi luar negeri yang mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
  3. Memiliki IPK minimal 3.00 untuk S2 dan 2.65 untuk S1.
  4. Berusia minimal 18 tahun (lahir sebelum 30 November 1998)
  5. Berusia maksimal 30 tahun (lahir setelah 30 November 1986) untuk pelamar S1, sedangkan untuk pelamar S2 maksimal berusia 32 tahun (lahir setelah 30 November 1984).
  6. Memiliki nilai TOEFL 400 untuk S1, sedangkan S2 memiliki nilai TOEFL 500 (pelaksanaan tes dalam tahun 2017)

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018 SMA
  • Untuk info terbarunya cek Pendaftaran CPNS 2018 Jalur Umum Lulusan SMA.

Tata cara dan syarat pendaftaran:
Proses pendaftaran yang diakses secara online masing – masing kementerian/CPNS daerah yang dumumkan.
  1. Mengisi form pendaftaran dan mencetaknya kemudian ditandatangani menggunakan tinta hitam.
  2. Mendapatkan nomor pendaftaran.
  3. Mengunggah berkas pendaftaran, seperti:
    • Pas foto terbaru background merah yang berformat JPG dengan besar maksimal 400 kb.
    • Scan ijazah asli yang berformat JPG dengan besar maksimal 400 kb.
    • Scan transkrip asli nilai akademis yang berformat JPG dengan besar maksimal 400 kb.
  4. Berkas pendaftaran yang disusun rapi sesuai urutan dan dimasukkan kedalam map dan map dimasukkan ke dalam amplop coklat, serta menulis nomor pendaftaran di pojok kiri atas amplop. 

Langkah terakhir dikirimkan melalui pos tercatat di situs online. Berkas pendaftarannya seperti:
  1. Form pendaftaran yang sudah dicetak dan ditempelkan di sampul map
  2. Unduhan Daftar Riwayat Hidup (RDH) dari akun pelamar
  3. 1 lembar fotocopy ijazah berlegalisir
  4. 1 transkrip nilai berlegalisir
  5. Fotocopy surat keterangan sehat dari dokter
  6. Unduhan Surat pernyataan dari akun pelamar beserta tandatangan di atas materai Rp. 6.000.
  7. Pas foto terbaru background merah 3 lembar: 1 lembar ditempel di form pendaftaran dan 2 lembar diberi nama di belakang foto.
  8. Fotocopy sertifikat TOEFL.
  9. Fotocopy KTP yang masih berlaku.
  10. Pelaksanaan ujian
  • Pelamar yang memenuhi syarat administrasi akan diumumkan secara online dan dapat mencetak kartu tanda peserta ujian di situs online masing – masing kementerian/CPNS daerah.
  • Untuk pelamar yang lulus seleksi administrasi, kemudian akan mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).
  • Pelamar yang memenuhi syarat administrasi
Syarat yang harus dibawa saat mengikuti ujian ialah KTP asli, ijazah asli, transkrip nilai akademis asli, dan kartu tanda peserta ujian. Jika tidak membawa persyaratan tersebut ataupun tidak hadir saat jadwal ujian, pelamar tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur. Pengumuman dan jadwal ujian dapat di lihat di situs online masing – masing kementerian/CPNS daerah.
Dan Itulah Info Jadwal, Tata Cara Pendaftaran dan Perysaratan Penerimaan CPNS 2018. Jangan lupa untuk BERBAGI dan SHARE Info ini Kepada Teman, Sahabat, Sudara hingga Kerabat agar Info BUMN dan CPNS 2018 ini. Agar semakin berguna dan bermanfaat.